Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Penyebab dan Solusi Kaca Mobil Berembun Saat Musim Hujan

Penyebab Kaca Mobil berembun

Penyebab dan Solusi Kaca Mobil Berembun Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti saat ini memang membuat perjalanan jadi terhambat ya, Trada Family. Kondisi lalu lintas yang padat akibat banyaknya pengendara motor berteduh saat hujan dan genangan air yang cukup tinggi menjadi beberapa faktor penyebab terhambatnya perjalanan saat hujan turun.

Selain faktor dari luar, terhambatnya perjalanan saat musim hujan juga bisa muncul dari pengendaranya sendiri. Hujan bisa membuat suhu di dalam kabin menurun sehingga menyebabkan kantuk. Jika terjadi hal seperti ini, Trada Family harus segera mencari tempat yang aman untuk berhenti dan istirahat sejenak hingga kantuk hilang. Untuk menghindari kantuk saat di perjalanan, istirahat yang cukup dan mendengarkan musik sambil bernyanyi juga bisa menjadi cara yang cukup efektif.

Visibilitas sangat penting setiap kali berkendara, karena visibilitas yang baik dapat mendukung keamanan Trada Family selama di perjalanan. Nah, kondisi hujan juga sering menyebabkan kaca mobil menjadi berembun. Hal inilah yang dapat mengurangi visibilitas pengendara yang tentunya akan berisiko dan berbahaya jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera diatasi.

Proses Terbentuknya Embun

Proses terbentuknya embun disebut dengan kondensasi. Ketika hujan, udara di dalam kabin awalnya akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban yang tinggi. Karena Trada Family berada di dalam kabin mobil, hembusan nafas yang juga sudah mengandung banyak uap air akan bertemu dengan tekanan udara di dalam kabin.

Uap air yang sudah tidak bisa ditampung, baik itu oleh tubuh maupun udara di dalam kabin mobil, otomatis akan mencari lokasi yang terdingin. Nah, yang paling dekat adalah kaca mobil dan terjadilah kondensasi pada kaca mobil. Kadar embun ini akan lebih banyak ketika kabin mobil diisi lebih dari satu penumpang.

Penyebab Munculnya Embun

AC mobil adalah salah satu komponen yang menyebabkan munculnya embun di kaca mobil. Kabin mobil yang lembab karena banyaknya partikel air ketika terkena hawa dingin dari AC mobil yang dingin, maka muncullah embun di kaca mobil. Selain itu, pada pagi hari, ketika atau setelah hujan umumnya kelembaban udara di luar kabin cukup tinggi. Sehingga, udara akan lebih mudah berubah menjadi embun atau kabut yang menempel di kaca mobil.

Embun di dalam kabin mobil muncul karena tingkat kelembaban udara tinggi.  Embun pada kaca dapat muncul juga karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin mobil dan suhu di luar kabin mobil. Suhu di dalam kabin mobil yang lebih tinggi dibandingkan dengan suhu di luar kabin mobil dapat memunculkan embun di kaca mobil kamu.

Cara Menghindari Proses Kondensasi

Untuk menghindari proses kondensasi di perjalanan saat turun hujan,  Trada Family disarankan untuk melakukan perawatan AC secara berkala. Minimal setiap tiga bulan sekali filter kabin dibersihkan. Jika filter AC kamu sudah tidak bagus, segera ganti dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk mengecek tekanan freonnya. Jika kurang, segera isi dan jika rusak, segera diperbaiki.

Kondisi AC mobil yang baik dapat mencegah timbulnya kondensasi atau embun di kaca mobil kamu, karena ketika suhu di luar kabin mobil mengalami penurunan, AC yang ada di dalam mobil dapat menurunkan suhu di dalam kabin mobil, sehingga dapat menghindari kondensasi atau embun pada kaca mobil Trada Family.

Patuhi peraturan lalu lintas, pahami kondisi mobil dan selalu jaga kesehatan ya, Trada Family. Semoga informasi ini bermanfaat!

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read