Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

AC Mobil Kurang Dingin, Berikut Cara Mengatasinya

Ac mobil kurang dingin

AC Mobil Kurang Dingin, Berikut Cara Mengatasinya

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara atau air conditioner (AC). Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Trada Family? Agar air conditioner (AC) milik Trada Family selalu dingin harus tahu cara merawatnya. Bukan hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja.  Namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan agar AC mobil selalu dingin. Simak beberapa hal penting menurut Suzuki Trada yang akan membuat AC mobil kamu selalu dingin.

 

  1. Jaga kebersihan kabin

Cara merawat AC mobil agar tetap dingin tentu saja dengan menjaga kebersihan bagian dalam mobil. Rajin-rajinlah membersihkan kabin dari kotoran dan debu terutama ketika mobil habis dipakai untuk berkendara atau ketika digunakan untuk membawa banyak penumpang. Karpet bagian depan merupakan daerah yang paling rentan kotor, jadi harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak memicu timbulnya masalah pada AC mobil.

 

  1. Tutup jendela selama berkendara

Pastikan Trada Family tidak mengendarai mobil dengan posisi jendela terbuka juga termasuk cara merawat AC mobil secara sederhana, terlebih dengan menyalakan sistem pendingin yang ada pada mobil. Pasalnya hal ini akan mengakibatkan debu atau kotoran dari luar masuk ke dalam mobil. Debu atau kotoran ini akan masuk dan mengotori AC sehingga membuat kinerja mesinnya untuk mendinginkan ruangan mobil menjadi kurang optimal dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

 

  1. Jangan merokok di dalam mobil

Hindari kebiasaan merokok di dalam mobil terutama ketika AC sedang dinyalakan. Asap rokok yang masuk ke dalam AC akan membuat kandungan nikotinnya mengotori evaporator dan membuatnya berlendir sehingga AC mengeluarkan bau tidak sedap.

 

  1. Hindari menyalakan AC langsung

Jangan langsung menyalakan AC ketika mobil dihidupkan adalah cara merawat AC mobil yang paling ringan dan jarang disadari. Pastikan AC dalam keadaan mati dan baru dihidupkan saat mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.

  1. Bersihkan kondensor ketika mencuci mobil

Ketika Trada Family mencuci mobil pastikan juga untuk membersihkan komponen kondensornya karena masalah pada AC sering terjadi karena kondensor yang rusak atau kotor. Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kondensor hingga benar-benar bersih karena kotoran yang tertinggal dan menempel dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kebocoran dan korosi pada kondensor.

 

  1. Memilih tempat parkir yang sejuk

Cara merawat AC mobil agar dingin dan awet juga dapat dilakukan dengan memilih lokasi yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung saat parkir mobil. Hal ini untuk menjaga agar kabin tidak cepat panas sehingga AC tidak bekerja terlalu berat ketika sedang dinyalakan.

 

  1. Pasang filter kabin

Pasanglah filter kabin yang memiliki fungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil sehingga tidak terhisap AC dan mengotori evaporatornya. Filter kabin ini juga harus diperiksa secara teratur ketika mobil di service. Mintalah mekanik untuk menyemprot bagian ini agar bersih atau bisa juga menggantinya dengan yang baru jika memang sudah tak layak untuk digunakan.

 

  1. Periksa kipas kondensor

Jika sistem AC mobil yang dipakai dilengkapi dengan extra fan atau kipas kondensor, maka cara merawat AC mobil ini harus memeriksa putarannya secara rutin. Lakukan pengecekan kipas yang berada di depan kondensor, apakah kipasnya selalu menyala ketika AC dihidupkan. Jika tidak, lebih baik kamu bawa ke bengkel AC terdekat karena bisa merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

Perhatikan juga rpm mobil ketika AC sedang dinyalakan. Rpm yang terlalu rendah atau tidak sesuai biasanya akan berpengaruh pada dingin atau tidaknya AC yang ada pada mobil. AC mobil yang tidak dingin ketika dinyalakan sepertinya menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para pemilik mobil. Namun jika kita mengadukan masalah ini ke bengkel yang kurang terpercaya maka mereka akan menduga bahwa penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin ini dikarenakan kehabisan freon, sehingga masalah ini bisa diselesaikan hanya dengan mengisinya ulang. Padahal cara merawat AC mobil tidak melulu mengenai tentang freon, pasalnya freon tidak akan cepat habis dalam waktu yang lama.

Penyebab masalah pada AC mobil ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, baik itu kerusakan pada komponen-komponen AC sendiri maupun perawatan AC mobil yang kurang benar. Kebiasaan tidak baik para penumpangnya pun juga bisa menjadi penyebabnya. Jadi selain menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kinerja AC mobil, Trada Family sebaiknya melakukan pengecekan pada AC untuk mengetahui masalahnya dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait booking service bisa menghubungi Call Center Kami di 021 2280 8000 atau Whatsapp ke 0813 8392 5372.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read