Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur dalam mobil yang tak pernah absen digunakan selama berkendara. Apalagi bagi yang tinggal di Jakarta, komponen AC adalah komponen penting yang akan selalu digunakan di setiap perjalanan. Menikmati perjalanan akan terasa sempurna berkat angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh.

Karena begitu pentingnya komponen ini, Trada Family tentu harus melakukan perawatan secara berkala untuk menghindari ac mobil tidak dingin dan bau. Bayangkan jika tiba-tiba AC mobil kamu tidak dingin saat berkendara di tengah kemacetan dengan udara yang panas. Pasti akan membuat perjalananmu tidak nyaman bukan.

Selain itu, AC mobil juga wajib dibersihkan secara berkala. Pasalnya, AC yang kotor atau jarang dibersihkan menjadi tempat yang disenangi oleh kuman dan bakteri. Jika dibiarkan begitu saja, akan mempengaruhi kesehatan para penumpang lho Trada Family. Nah, apa sih penyebab AC mobil tidak dingin? Yuk simak di bawah ini.

 

  1. Freon AC habis

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Jika terjadi kebocoran yang disebabkan oleh beberapa komponen yang sudah rusak, tentu AC mobil tidak dingin akan sering terjadi walaupun Trada Family sudah melakukan isi ulang freon berulang kali.

 

  1. Evaporator AC kotor

Sederhananya fungsi evaporator adalah menyerap udara panas dan menghembuskannya kembali menjadi udara dingin ke dalam kabin. Jika AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh evaporator yang kotor karena debu. Debu adalah musuh utama yang bisa membuat evaporator AC mobil kotor dan tersumbat sehingga sirkulasi AC menjadi tidak lancar.

 

  1. Kondensor AC kotor

Nah, kondensor AC terletak di bagian depan mobil dekat radiator. Bentuknya memang seperti radiator mobil namun dimensinya lebih kecil. Tanpa disadari, posisi kondensor di bagian depan mobil kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja menempel saat kita berkendara.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada sistem kerja AC mobil tidak dingin karena proses kondensasi AC mobil tidak berjalan maksimal. Jadi, walaupun saat ini mobil sedang tidak digunakan, selalu bersihkan mobil ya, debu dan kotoran lain yang terbawa udara bisa membuat AC mobil tidak dingin lho.

 

  1. Filter AC mobil tersumbat

Filter AC berfungsi untuk menyaring segala kotoran dan debu. Jika kamu malas untuk membersihkan bagian ini, tentunya debu dan kotoran akan menempel dan menimbun di bagian filter sehingga menyumbat. Jika terjadi penyumbatan, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal sehingga AC mobil tidak dingin.

 

  1. Motor extra fan mati

Coba periksa bagian extra fan jika AC mobil tidak dingin. Extra fan terletak di depan kondensor. Apakah extra fan berputar atau tidak? Jika tidak berputar berarti extra fan yang jadi sebab AC tidak dingin.

Extra fan yang rusak atau tidak berputar akan mempengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan. Padahal proses kondensasi inilah yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mati otomatis tidak ada penurunan suhu sehingga udara yang masuk ke dalam mobil tidak dingin.

Nah itulah beberapa penyebab yang membuat AC mobil tidak dingin Trada Family. Jika sudah ada gejala AC tidak dingin, alangkah baiknya segera di bawa ke bengkel resmi Suzuki Trada terdekat untuk di cek beberapa komponen di atas.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read