Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Mobil Sulit Dihidupkan? Ini 4 Penyebab Utamanya

Mobil Sulit Dihidupkan

Mobil Sulit Dihidupkan? Ini 4 Penyebab Utamanya

Mobil yang tak bisa distarter kadang membuat pemiliknya pusing. Apalagi jika hal itu menimpa saat kamu berada di tengah perjalanan dan jauh dari bengkel. Jika kamu tidak begitu memahami bagaimana mengatasinya, hal ini akan sangat mengganggu perjalanan. Lalu bagaimana pemilik mobil dapat melakukan identifikasi penyebab mobil tak bisa distarter ?

Berikut beberapa langkah dalam melakukan pengecekan pada mobil yang tak bisa distarter :

 

  1. Masalah kelistrikan.

Kondisi ini bisa dideteksi jika saat Trada Family menstarter mobil, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi sama sekali dari motor starter atau meskipun berbunyi tetapi sangat pelan.

Jika mobil tak bisa distarter karena masalah kelistrikan, biasanya masih bisa dinyalakan dengan didorong. Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil bisa dinyalakan dengan didorong. Untuk memeriksa apakah ini benar karena masalah kelistrikan, kamu bisa memeriksanya pada beberapa bagian.

 

  1. Aki yang Lemah

Bagian pertama yang perlu Trada Family periksa yaitu aki atau ACCU. Sebagai sumber listrik, aki yang terlalu tua atau kotor bisa menghasilkan listrik yang sangat lemah bahkan tak memiliki arus listrik sama sekali. Bisa juga karena mobil tidak pernah dihidupkan mesinnya sehingga aki tidak memiliki pasokan energi listrik yang dihasilkan saat mobil bekerja.

 

  1. Periksa Kabel Sekring dan Kondisi Sekring

Jika Trada Family telah memeriksa bagian aki namun ternyata kinerjanya normal, coba untuk memeriksa kabel sekring utama. Umumnya kabel sekring utama berada di dekat aki pada bagian positif. Jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki. Periksa pula sekring-sekring, mungkin saja ada sekring yang rusak atau meleleh karena terjadi arus pendek.

Setelah memeriksa aki, kabel sekring utama, dan kondisi sekring, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya periksa bagian soket dan kunci kontak. Ini bisa menjadi biang utama mobil tak bisa distarter. Soket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

 

  1. Kunci Kontak

Jika menstarter mobil dan tidak ada suara dari dinamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Kamu bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya.

Itulah beberapa penyebab mobil tak bisa distarter, untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri atau membawa mobil kamu ke bengkel resmi Suzuki Trada. Namun setidaknya Trada Family dapat mengetahui kunci utama mobil tak bisa distarter semua karena masalah kelistrikan.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read