Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Persiapkan Mobil Matik Ketika Musim Liburan

Persiapkan

Persiapkan Mobil Matik Ketika Musim Liburan

Saat ini, masyarakat cenderung beralih dari transportasi umum dan menggunakan mobil pribadi untuk bepergian atau berlibur. Apalagi dengan situasi pandemi seperti sekarang dimana penyebaran COVID-19 akan sangat berbahaya jika menggunakan transportasi umum. Namun, ada hal yang penting untuk Trada Family saat menggunakan transportasi pribadi apalagi mobil matik.

Karena hampir semua mobil saat ini menggunakan transmisi otomatis, maka kita perlu mengetahui perawatan mobil matik apa saja yang harus dilakukan. Apalagi sebentar lagi libur panjang telah menanti, jika mobil tidak disiapkan, bisa-bisa liburan kamu bisa terganggu lho.

Namun sebelumnya, bagi pengendara pemula yang baru saja membeli mobil matik, bahwa merawat mobil matik baru diperlukan perhatian khusus agar mobil matik tetap dalam kondisi yang bagus dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Terlebih lagi apabila Trada Family akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang tergolong jauh (lebih dari 5 jam perjalanan) diperlukan perawatan ekstra untuk kondisi prima mobil matik kamu.

Berikut hal-hal yang diperlukan untuk merawat mobil matik sebelum melakukan perjalanan jauh:

  1. Mengganti oli matik

Sebelum melakukan perjalanan jauh, maka penggantian oli mesin adalah hal yang paling penting juga untuk mobil matik. Harus dicek benar, apakah oli masih dalam kondisi bagus dan masih dalam volume yang layak pakai. Biasanya, apabila sudah pernah melakukan pergantian oli, akan ada tanggal kapan sebaiknya mulai ganti oli, atau berapa kilometer sebaiknya kamu mengganti oli kembali.

Mesin mobil matik akan lebih bekerja maksimal apabila oli baru dan tingkat kekentalannya cocok dengan kapasitas kinerja mesin. Mobil yang memiliki kapasitas mesin besar dengan mobil kapasitas mesin kecil tentu memiliki kekentalan oli yang berbeda pula.

Apabila mobil matik kamu sudah mendekati angka 50.000 km, maka segeralah mengganti oli. Tetapi tetap saja kamu harus mengetahui bahwa jarak tempuh tidak bisa dijadikan acuan untuk melakukan perawatan mobil.

  1. Pengecekan aki

Hal penting lainnya adalah mengecek aki dan listrik mobil matik Trada Family sebelum perjalanan jauh. Baik dari lampu, audio, sampai indikator-indikator lampu di dalam mobil. Mengapa penting? Aki adalah komponen mobil yang menjalankan kelistrikan mobil. Kualitas aki yang bagus menentukan efisiensi penggunaan listrik mobil matik.

Bila perjalanan jauh nanti ternyata ada masalah listrik, maka akan sulit untuk menemukan bengkel yang tepat untuk memperbaiki sistem listrik mobil matik kamu. Karena tidak semua bengkel mampu memperbaiki sesuai kriteria mobil matik.

  1. Panaskan mobil matik

Hal ini sepele, namun sering tidak dihiraukan para pengendara mobil matik. Kebanyakan para pengendara yang sudah bekerja, seringkali di pagi hari terburu-buru berangkat kerja dan hanya sebentar melakukan pemanasan mobil. Padahal mesin mobil matik cukup sensitif walaupun sebenarnya mobil-mobil sekarang tidak perlu lagi dipanaskan terlalu lama di pagi hari.

Mesin yang belum panas apabila dipaksa melaju akan membuat kerja oli mesin transmisi tidak maksimal. Sehingga akan menimbulkan gesekan yang berat. Apabila dilakukan secara rutin, maka mesin akan cepat rusak dan suhu akan cepat naik dari normal. Cukup lakukan pemanasan mobil matik antara 5-7 menit agar oli mesin bekerja maksimal sebelum perjalanan jauh.

  1. Gunakan oktan BBM yang sesuai

Pemilihan bahan bakar untuk mobil matik penting lho Trada Family. Mobil-mobil matik sekarang sudah dilengkapi dengan sistem eco-driving yang mampu membantu pengendara untuk berkendara yang efisien.

Untuk itu, penggunaan oktan BBM sangatlah dianjurkan. Untuk mobil matik tahun baru, alangkah lebih baik menggunakan BBM dengan oktan minimal 90 keatas.

Bagaimana Trada Family? Sudah memahami bukan apa saja sih perlakuan-perlakuan yang harus kamu lakukan terhadap mobil matik yang kamu miliki. Selain itu, ada banyak perawatan-perawatan mobil yang bisa kamu miliki mulai dari penggantian oli, tune up, perawatan eksterior maupun interior hingga coating mobil. Jadi buat Trada Family yang ingin melakukan perawatan, bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Suzuki Trada terdekat di kotamu ya

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read