Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Cari Tahu Apa Arti Garis Marka yang Sering Ditemui Di Jalan Tol

Garis Marka

Cari Tahu Apa Arti Garis Marka yang Sering Ditemui Di Jalan Tol

Sebagai pengguna jalan raya, mungkin masih banyak dari kita yang masih belum paham tentang arti marka dan fungsinya, saat melintas di jalan bebas hambatan. Seringkali kita hanya mematuhi tanda dari rambu lalu lintas tanpa mengetahui artinya lebih jauh. Padahal, marka jalan yang ada di jalan tol tidak hanya untuk tertib berlalu lintas, namun juga untuk menghindari risiko terjadinya kecelakan. 

Berikut beberapa arti dari garis marka yang sering ditemui di jalan raya maupun jalan bebas hambatan:

Arti Marka Jalan           

  1. Garis Utuh

Saat bertemu garis marka utuh (tidak terputus) di jalan tol, ini artinya mobil/pengendara tidak boleh mendahului kendaraan lain. Namun, apabila marka tersebut berada di tepi jalan, hal ini hanya berfungsi sebagai penanda di tepi jalur lalu lintas saja. 

       2. Garis Putus-Putus 

Pembatas jalur ini berfungsi untuk mengarahkan pengemudi agar bisa mendahului  kendaraan lain dengan hati-hati. Selain itu, garis ini juga berfungsi sebagai peringatan bahwa akan ada marka berupa garis utuh di jalan berikutnya. 

       3. Garis Ganda (garis utuh dan garis putus-putus) 

Mobil yang berada pada sisi garis utuh dilarang melintasi garis ganda tersebut. Sedangkan, kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus dapat melintasi garis ganda tersebut. Biasanya marka tersebut ditemukan di jalan lintas kota. 

       4. Garis Ganda (dua garis utuh)

Mobil dilarang mendahului garis ganda utuh. Marka jalan ini dapat Trada Family temukan ketika sedang melintas di kondisi tikungan maupun kondisi jalan (menanjak dan menurun).

Fungsi Lajur

Selain mengetahui tentang fungsi dari marka jalan, sebaiknya Trada Family juga mengetahui fungsi pada setiap lajur di jalan bebas hambatan atau tol. 

Setiap lajur jalan yang berada di sebelah kiri maupun kanan ternyata memiliki fungsi berbeda yang harus ditaati oleh pengendara. Namun, pada kenyataannya masih banyak dari kita yang masih kurang paham, atau bahkan menyepelekan hal tersebut. 

Nah, agar selalu tertib dan aman saat berkendara, setiap lajur yang ada di jalan raya maupun jalan tol dibedakan berdasarkan 4 fungsi, yaitu:

  1. Bahu Jalan

Bahu jalan berada di area tepi jalan berdampingan langsung dengan ruang yang berupa lahan kosong seperti rerumputan dan pagar pembatas. Perlu diketahui bahwa bahu jalan ini hanya digunakan dalam keadaan darurat dan bukan diperuntukkan sebagai tempat istirahat bagi pengendara.

  1. Lajur Lambat 

Berkendara di jalan tol jadi lebih aman dan tertib dengan adanya rambu dan marka jalan. Khususnya untuk bus dan truk yang lebih mendapatkan perhatian lebih besar, karena mobil ini berukuran besar dan bermuatan lebih banyak bawaan.

  1. Lajur Lebih Cepat 

Lajur lebih cepat diperuntukkan untuk mobil yang bergerak lebih cepat (sesuai dengan batas kecepatan yang berlaku) atau digunakan untuk mendahului kendaraan yang berada di sebelah kiri. Bahkan, bus dan truk yang berukuran besar dapat memanfaatkan lajur ini untuk mendahului mobil sejenisnya. 

  1. Lajur Mendahului

Banyak dari pengendara yang memanfaatkan lajur mendahului untuk mendahului mobil lain, khususnya mobil yang bergolongan “I” seperti sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil dan mini bus. Tentunya, dengan tetap mematuhi ketentuan batas kecepatan berkendara dan undang-undang yang berlaku.

Nah, agar kondisi mobil Trada Family tetap prima saat bepergian, tentu perlu dilakukan perawatan secara berkala. Kamu pun bisa membawa mobil Suzuki kesayanganmu ke bengkel resmi Suzuki Trada terdekat atau kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk dapatkan informasi lebih lanjut. 

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read