Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Cara Mudah Merawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Gimana Caranya?

Cara Mudah Merawat Cat Mobil

Cara Mudah Merawat Cat Mobil Tetap Kinclong, Gimana Caranya?

Merawat kendaraan kesayangan ibarat penampilan yang perlu diperhatikan dan dirawat mulai dari head to toe (dari atas kepala hingga ujung kaki). Begitu juga kendaraan pribadi apalagi warna cat kendaraan, jika rusak tentu penampilan kendaraan akan terlihat buruk dan membuat pengendaranya kurang percaya diri.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab warna cat kendaraan menjadi cepat pudar bahkan rusak, yakni kondisi alam tertentu maupun bahan kimia. Agar kendaraan tetap tampil kinclong, tentu warna cat harus dilindungi dari segala hal yang berpotensi merusaknya. 

Nah berikut ini adalah beberapa hal menjadi penyebab warna cat kendaraan menjadi pudar ataupun rusak yang perlu Trada Family perhatikan:

 

  • Air Hujan

 

Air hujan yang tidak segera dibersihkan atau dikeringkan juga dapat menyebabkan korosi. Korosi terjadi akibat zat kimia dari air hujan itu sendiri, kondisi ini secara tak langsung dapat berdampak buruk pada warna cat kendaraan. Selain bisa berubah menjadi lebih kusam dan pudar dari sebelumnya. Bahkan, zat kimia dari hujan dapat menimbulkan karat dan jamur. Untuk itu, kita harus rajin-rajin membersihkan atau mencuci kendaraan kesayangan setelah diguyur hujan.

 

  • Debu

 

Debu memang sulit dihindarkan dari kendaraan, namun butiran debu merupakan faktor awal bermulanya timbul baret halus dan kasar. Agar debu yang mengering tidak merusak warna cat kendaraan, sebaiknya dicuci dengan air bersih dan setelah semuanya bersih segera keringkan dengan lap kering.

 

  • Cover atau Selimut Kendaraan

 

Memang cover kendaraan dipakai untuk melindungi body kendaraan dari debu dan benda asing lainnya serta paparan sinar matahari langsung, Nyatanya,  tak banyak yang mengetahui pemilihan bahan dari cover yang kurang baik tentunya menjadi penyebab warna cat kendaraan menjadi kusam hingga menimbulkan jamur. Pemilihan bahan cover kendaraan yang kurang baik tersebut dapat membuat air terperangkap di bawahnya dan menimbulkan bercak-bercak bekas hujan serta debu yang menempel di permukaan cat kendaraan. Sebaiknya, carilah cover kendaraan dengan kualitas terbaik dan tidak menembus air.

 

  • Shampo 

 

Sebagian dari kita masih salah mengira shampo yang digunakan untuk sehari-hari tapi masih saja digunakan untuk mencuci kendaraan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan lapisan warna cat menjadi menipis atau cepat memudar. Oleh karena itu, kandungan Potensial Hidrogen (PH) pada shampo perlu diperhatikan juga, khususnya shampo yang diproduksi untuk kendaraan. Agar tidak cepat merusak warna cat kendaraan, sebaiknya pilihlah shampo khusus dibuat untuk kendaraan yang mengandung PH dibawa 10%.  

 

  • Parkir Dibawah Pohon

 

Memarkirkan mobil ditempat teduh seperti di bawah pohon memang baik untuk menjaga warna cat agar terhindar langsung dari paparan sinar matahari. Tapi memarkirkan kendaraan di bawah pohon juga perlu hati-hati, karena selain getah, buah dan batang dari pohon yang bisa jatuh kapan saja, tentunya atap kendaraan bisa jadi penyok dan warna cat kendaraan pun akan terlihat buruk. 

 

  • Air Aki

 

Pengecekan rutin pada aki memang perlu dilakukan jika yang dipakai adalah tipe basah. Pada umumnya cairan aki mengandung zat elektrolit yang dapat bereaksi dengan membrane sel accu aktif.  Jika aki kendaraan kurang dari takarannya, Trada Family perlu hati-hati saat mengisi air aki tipe basah tersebut. Kalau tumpahan air aki mengenai cat kendaraan dan terjadi dalam sepersekian detik tentunya akan merusak cat kendaraan bahkan warna cat kendaraan yang terkena cairan aki tersebut harus di cat ulang. 

 

Menjaga warna cat kendaraan agar tidak cepat rusak tentu harus kita rawat sebaik mungkin. Dalam berkendara dan parkir juga perlu hati-hati agar terhindar dari lecet pada body. Bila kendaraan Trada Family mengalami hal serupa dan mengharuskan mengecat ulang maupun perbaikan body. Pastikan segera membawa kendaraan Suzuki kesayangan kamu ke bengkel Suzuki Sejahtera Buana Trada terdekat di kotamu, karena dalam bengkel ini memiliki fasilitas one day repair dimana untuk perbaikan ringan bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. 

 

Untuk informasi selengkapnya, segera kunjungi https://suzukitrada.id/body-repair 

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read