Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Kenali Berbagai Macam Penyebab Klakson Mobil Mati

Penyebab Klakson Mobil Mati

Kenali Berbagai Macam Penyebab Klakson Mobil Mati

Klakson mobil sendiri merupakan sebuah trompet elektromekanik. Fungsinya untuk membuat pendengarnya waspada, atau untuk memperingati pengendara yang kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan menyebabkan kecelakaan.

Fungsi utama klakson mobil adalah pemberi peringatan. Fungsi ini dinilai sangat penting bagi kendaraan karena bertujuan agat pengendara lebih berhati-hati. Sayangnya, komponen ini sering dilupakan dan akhirnya tidak terawat. Akhirnya banyak kasus yang menunjukkan kerusakan tiba-tiba pada klakson mobil Anda karena tidak terawat.

Kondisi klakson mobil yang mati secara tiba-tiba memang sangat menyebalkan, tapi Anda tidak perlu panik. Kondisi seperti ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Pada dasarnya, kejadian ini disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. Kegagalan keduanya menjadi penyebab klakson mobil mati.

Untuk menghindari kerusakan pada klakson mobil Anda, yuk kenali penyebab klakson Anda mati berikut ini!

  • Kabel Klakson Putus

Salah satu penyebab klakson mobil mati yang paling sering terjadi adalah kabel klakson mobil yang bermasalah atau putus. Biasanya kerusakan pada kabel klakson terjadi karena masalah kelistrikan pada kabel atau di dalam komponen kabel terdapat jamur dan karat.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan tes terminal pada klakson mobil dengan test lamp. Hubungkan test lamp dengan massa body dan kemudian uji test ini dengan pencet saklar klakson. Jika test lamp menyala, hal ini menandakan jika terdapat arus listrik di dalamnya dan kondisi kabel memang normal. Sebaliknya jika test lamp mati kondisi klakson Anda bermasalah.

  • Sekring Klakson Rusak

Penyabab selanjutnya adalah masalah sekring yang terdapat pada klakson mobil terputus. Jika kondisi ini terjadi maka klakson mobil otomatis juga tidak akan menyala meskipun Anda sudah berulang kali memencetnya. Sekring yang mati biasanya disebabkan karena adanya suplai listrik yang terlalu besar ataupun karena masa pakai yang terlalu lama dan memang seharusnya diganti. 

  • Relay Klakson Mobil Bermasalah

Anda perlu mengecek apakah klakson mobil Anda sudah memiliki relay tambahan di dalamnya atau tidak. Jika sudah, maka hal ini yang menyebabkan klakson mobil tidak menyala. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan karena masa pemakaian yang sudah lama atau terlalu sering terkena kotoran dan air di dalamnya. 

Untuk memperbaikinya, Anda harus  menggantinya dengan relay yang baru dan sesuai dengan jenis pabrikan mobil.

  • Klakson Mati

Penyebab yang terakhir pada klakson yang mati bisa disebabkan karena klakson mobil yang memang sudah mati. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena adanya karat yang menumpuk pada lempengan tembaga, kotoran yang menumpuk, maupun masalah pada kelistrikan mobil. Untuk memperbaikinya memang agak susah, Anda harus membongkar saklar dan memastikan jika aliran listrik yang mengalir baik dan cukup. 

Jadi begitulah beberapa penyebab klakson mobil Anda mati. Kondisi ini memang disebakan oleh perawatan yang kurang memadai dan masa usia komponen pada klakson mobil Anda. Untuk mencegah hal ini tidak terjadi Anda bisa melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki Trada atau Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk booking jadwal service. 

 

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read