Halo Trada Whatsapp Booking Servis

Kenali Tanda-Tanda Ban Perlu Di Ganti

Tanda Ban Perlu Di Ganti

Kenali Tanda-Tanda Ban Perlu Di Ganti

Ban adalah salah satu komponen yang terpenting pada suatu mobil, ibarat sebuah pasangan, ban dan mobil adalah suatu komponen yang saling membutuhkan. Fungsi ban mobil tentunya adalah sebagai roda penggerak dari kesulurahan mobil agar mobil bisa berjalan.

Karena komponen ini sangat penting, komponen ini harus selalu dirawat, supaya fungsi-nya bisa terus berjalan. Faktor usia seringkali menyebabkan ban mobil mengalami kerusakan sehingga ban mobil perlu di ganti.

Ban yang mengalami kerusakan seringkali disebut ban yang “botak”. Untuk menghindari kebitakan pada ban, Anda perlu memperhatikan kondisi ban Anda, agar ban tidak mengalami kerusakan! Yuk simak tanda-tanda ban yang sudah mulai botak atau perlu diganti.

  • Kembang ban menipis

Ban yang akan botak pasti akan mempengaruhi performa mobil, proses pengereman dan pengendalian mobil pasti akan terasa beda ketika Anda sedang berkendara, apalagi jika dihadapkan oleh kondisi jalanan yang licin. Dengan kondisi jalanan yang licin dan ban yang botak seperti ini, pastinya dapat menyebabkan mobil Anda mengalami kecelekaan.

Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya perhatikan kondisi kembang ban, bila terlihat masih tebal dan bagus artinya tidak perlu diganti. Sebaliknya, jika kembang ban sudah menipis, sebaiknya Anda perlu secepatnya mengganti ban tersebut dengan komponen yang baru.

  • Perhatikan tanda TWI ban

TWI adalah singkatan dari Tread Wear Indicator. TWI berbentuk seperti simbol segitiga yang terletak di atas dan sedikit bawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban. Jika bagian tersebut sudah mulai terkikis, berarti ban semakin menipis dan sudah waktunya untuk diganti. Kondisi ini mengharuskan Anda untuk mengganti ban mobil Anda secepatnya.

  • Benjolan pada ban

Ban yang perlu diganti biasanya menimbulkan benjolan. Benjolan ini bentuknya seperti permukaan yang bergelembung dan besar. Usia pemakaian yang lama biasanya menjadi penyebab utama ban mengalami benjolan.

Penyebab lain seperti isi angin yang terlalu banyak atau ban yang sering menghantam lubang juga bisa menjadi penyebab ben benjol. Jika mengalami kondisi seperti ini, Anda harus sesegera mungkin mengganti ban mobil Anda dengan ban yang baru, karena sudah pasti kualitas ban yang sudah benjol sudah tidak sebagus ban yang baru.

  • Muncul retakkan pada ban

Tanda yang paling sering muncul selanjutnya jika ban sudah mulai botak adalah munculnya retakkan yang ada di dinding ban atau kembangan ban. Retakkan ini pastinya disebabkan karena usia ban yang sudah tua dan pemakaian yang terlalu sering.

Nah, jadi tadi adalah tanda-tanda ban yang akan mengalami kebotakkan. Jika sudah mengalami hal seperti ini sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan mobil Anda dan sebaiknya Anda harus langsung mengganti ban Anda.

Jika ingin mengganti ban, pastikan agar Anda mengganti ban di Dealer Suzuki Trada! Untuk informasi selengkapnya Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ 

img-berita-carousel Simak Fakta Unik Mesin Berteknologi Hybrid dan Listrik Read
img-berita-carousel 3 Perbedan Mesin Hybrid Dengan Mesin Konvensional Read
img-berita-carousel Mengenal Teknologi Hybrid Pada Mesin Suzuki Ertiga Read
img-berita-carousel Tips Merawat Door Trim Agar Tetap Awet Read
img-berita-carousel Kenali Tanda-Tanda Velg Mobil Yang Mulai Rusak Read
img-berita-carousel Kenali Tanda-Tanda Ban Perlu Di Ganti Read
img-berita-carousel Kenali Fungsi Tilt steering Pada Mobil Read
img-berita-carousel Kenali Berbagai Macam Penyebab Klakson Mobil Mati Read
img-berita-carousel Suzuki Trada Adakan Training Bertemakan “Relationship Selling Leadership” Read
img-berita-carousel Mulai Dengan Semangat Baru, Dealer Sejahtera Buana Trada Bandengan Pindah Lokasi Read