Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin di Tengah Suhu Panas yang Ekstrem

Merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin di Tengah Suhu Panas yang Ekstrem

Akhir-akhir ini kita sedang dihebohkan oleh fenomena meningkatnya suhu akibat cuaca yang ekstrem secara merata di berbagai wilayah. Tercatat oleh para ahli, suhu tertinggi di Indonesia pekan lalu terletak di daerah Ciputat dengan suhu mencapai 37 derajat celcius. Kondisi ini tentu saja akan membuat siapa pun merasa sangat tidak nyaman saat menjalani aktivitas harian terutama saat sedang di perjalanan.

Coba sekarang Anda bayangkan, bagaimana jadinya jika hal itu terjadi saat AC mobil Anda sedang mengalami masalah? Pasti akan membuat Anda tidak betah dan mengganggu mood Anda sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, memastikan fungsi dan kondisi AC bekerja dengan baik di kondisi ini menjadi perhatian penting bagi Anda agar tidak mengganggu semua aktivitas Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan dalam ulasan ini. Penasaran apa saja? Berikut 5 langkah-langkah untuk menjaga AC mobil awet dan tetap dingin.

  1. Rajin menjaga kebersihan dalam mobil

Penting bagi Anda untuk selalu memastikan kondisi kabin mobil Anda selalu bersih, jika perlu bersihkan mobil Anda secara berkala setiap pagi atau bahkan memasang filter dalam kabin jika perlu. Selain menambah kenyamanan saat berada di dalam mobil, kebersihan mobil juga akan mempengaruhi fungsi dan kinerja AC.

Jika kebersihan tidak dijaga, kabin mobil akan dipenuhi oleh debu dan kotoran sehingga beresiko masuk kedalam blower AC dan mengotori evaporator. Hal itu tentu akan mengganggu kinerja AC mulai dari keluarnya wangi tidak sedap sampai dengan AC menjadi tidak mengeluarkan udara dingin. Jangan lupa saat membersihkan AC, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati agar tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponennya.

  1. Tidak merokok saat AC menyala

Sama halnya seperti menjaga AC dari kotoran dan debu, pastikan juga untuk menjaga AC dari asap rokok ataupun asap lainnya yang bisa mengakibatkan evaporator menjadi kotor sehingga udara yang keluar jadi tidak begitu optimal.

Asap rokok juga bisa menempel pada evaporator AC sehingga akan mengganggu kinerja AC. Perlu diketahui evaporator AC disebut juga sebagai unit pendingin yang tugasnya mengeluarkan udara dingin di dalam kabin mobil. 

  1. Tidak membuka jendela saat AC mobil menyala

Pada dasarnya AC mobil tidak digunakan untuk mendinginkan ruangan yang besar, maka pastikan jendela mobil tidak terbuka saat AC menyala agar tidak membuat kinerja AC bekerja lebih berat dan menyebabkan debu serta kotoran dari luar masuk kedalam dan mengotori komponen AC.

  1. Rutin membersihkan kondensor AC

Kondensor AC berfungsi untuk mengkondensasikan atau mengubah gas (freon) tekanan tinggi menjadi cairan. Jika ingin AC bisa tetap awet dan terasa dingin, maka kamu perlu melakukan perawatan rutin pada kondensor AC ini. Selain itu, bersihkan juga kotoran atau debu yang menempel karena dapat menyebabkan korosi dan kebocoran.

  1. Menyimpan mobil ditempat sejuk

Kesalahan menempatkan posisi mobil juga ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan AC. Sebaiknya parkir mobil Anda di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung untuk mencegah suhu panas yang berlebih di dalam mobil dan membuat kinerja AC menjadi lebih berat.

Namun jika hal itu tidak bisa dihindari, Anda bisa mengatasi hal itu dengan tidak langsung menyalakan AC saat setelah masuk ke dalam mobil. Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah membuka seluruh jendela terlebih dahulu untuk membiarkan udara panas keluar dan terganti dengan udara baru. Setelah itu, barulah Anda bisa menutup jendela dan mulai menyalakan AC. 

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kinerja AC tetap awet dan dingin sepanjang waktu. Jangan sepelekan komponen ini demi menjaga kenyamanan Anda dalam berkendara, karena AC adalah satu-satunya komponen penting yang akan membuat Anda merasa tidak akan kepanasan selama di dalam mobil.

Selain melakukan langkah-langkah diatas, cara lain untuk memastikan fungsi dan kinerja AC mobil Anda dapat bekerja dengan baik adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan berkala ke bengkel terpercaya agar penahanan dapat dilakukan secara tepat dan profesional.  

Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki sebagai langkah untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen yang tidak kita ketahui dan mengganggu kenyamanan kita selama perjalanan. Langsung saja booking service mobil Anda secara praktis di website www.suzukitrada.id atau hubungi melalui whatsapp di nomor berikut 0812-1994-3820.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read