Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

5 Kiat Mudah Perawatan AC Mobil

Fungsi AC mobil lainnya yang tak kalah penting selain memberi udara sejuk adalah membuat kaca mobil tidak berkabut yang biasanya sering terjadi saat kondisi hujan. AC mobil yang kurang dingin bisa menimbulkan embun tipis di kaca mobil, sehingga akan mengganggu pandangan saat berkendara khususnya bag

5 Kiat Mudah Perawatan AC Mobil

AC (Air Conditioner) merupakan salah satu bagian penting pada interior mobil dikarenakan fungsinya yang cukup vital. Salah satunya untuk menyejukkan ruangan di dalam mobil Trada Family. Oleh karena itu AC mobil yang tidak dingin adalah musuh semua pengendara mobil.

Fungsi AC mobil lainnya yang tak kalah penting selain memberi udara sejuk adalah membuat kaca mobil tidak berkabut yang biasanya sering terjadi saat kondisi hujan. AC mobil yang kurang dingin bisa menimbulkan embun tipis di kaca mobil, sehingga akan mengganggu pandangan saat berkendara khususnya bagi si pengemudi.

Karena peranannya yang sangat penting baik malam maupun siang hari, maka AC harus selalu dirawat agar awet dan bisa berfungsi secara normal. Jangan sampai AC mobil tidak dingin, dan mengganggu keamanan dan kenyamanan pengendara maupun penumpang.

Bagaimana cara merawat AC mobil agar tetap awet?

Yuk, simak tips berikut ini :

  1. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil

Kabin yang jarang dibersihkan akan membuat debu atau kotoran lainnya menempel pada permukaan AC. Sehingga AC tidak akan berfungsi dengan normal, seperti misalnya udara yang dihasilkan kurang dingin.

  1. Jangan Merokok Saat AC Menyala

Karena asap dari rokok akan terhisap ke dalam blower AC, lalu asap yang dihisap oleh blower akan menempel pada evaporator, sehingga yang terjadi adalah evaporator menjadi kotor.

Memang hal tersebut tidak langsung membuat evaporator menjadi rusak. Tetapi alangkah baiknya tidak merokok saat AC menyala untuk menghindari kotoran yang diakibatkan oleh asap rokok mengendap pada evaporator, karena kotoran-kotoran tersebut nantinya akan mengganggu kinerja evaporator dan pastinya akan berdampak pada kinerja AC mobil.

  1. Nyalakan AC Minimal Sekali Dalam Seminggu

Hal ini dimaksudkan untuk mengatur tekanan udara sehingga kompresor bisa bekerja dengan baik. Ketika Trada Family melakukan ini, pastikan Trada Family menyalakannya pada kecepatan paling tinggi dan juga diatur ke suhu paling sejuk.

  1. Jangan Menaruh Pengharum Mobil di Dekat AC

Sering dijumpai pengharum atau parfum mobil ditaruh sangat dekat dengan AC mobil. Mungkin tujuannya agar bau harum lebih cepat terasa dan tersebar ke seluruh bagian dalam mobil. Tapi hal tersebut sebenarnya adalah tindakan yang kurang tepat.

Mengapa demikian?

Karena penggunaan pengharum mengandung bahan kimia bisa masuk ke dalam evaporator. Bahan atau kandungan dari pengharum tersebut mengandung minyak yang lama-lama akan mengendap dan akhirnya bisa menjadi tempat tinggal bakteri, kuman atau jamur. Apalagi jika kadar kandungan alc yang dihasilkan pengharum sangat tinggi.  Kadar kandungan alc yang tinggi, bisa membuat AC berbau asam.

  1. Servis AC Secara Teratur

Trada Family bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi Suzuki Trada untuk melakukan servis ataupun mengecek kondisi AC mobil. Lakukan servis terhadap AC mobil secara berkala.

Dengan melakukan servis secara teratur dan perawatan yang benar pada AC mobil, akan membuat AC mobil Trada Family menjadi lebih awet dan dapat bekerja secara normal. Sehingga dapat memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan di saat Trada Family berada di dalam mobil.

Semoga tips di atas bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan Trada Family agar mobil lebih aman dan nyaman saat dibawa berkendara.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read