Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Mau Kopling Mobil Awet, Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pemeliharaan Kopling

Mau Kopling Mobil Awet, Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Bila melihat lalu lintas Ibu kota yang sering padat, mobil transmisi otomatis menjadi pilihan yang paling tepat. Alasannya, tentu saja kenyamanan yang lebih jika dibandingkan menggunakan mobil bertransmisi manual. Namun, hal tersebut tidak serta merta menjadikan mobil bertransmisi manual jadi sepi peminat. Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari.

Nah, bagi pengendara yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Komponen ini berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi, agar mobil tetap berjalan mulus. Kopling sendiri memiliki beberapa komponen penting, seperti pedal kopling, kampas kopling, kabel kopling, matahari, dan druk laher.

Agar kopling awet dan tidak cepat rusak, ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi yang harus dihindari, yuk simak beberapa hal tersebut:

  1. Melepas dan Menginjak Kopling dengan Kasar

Hal pertama yang menyebabkan kopling mudah rusak, adalah kebiasaan dalam menginjak dan melepas kopling dengan kasar dan dapat menyebabkan kopling mobil mudah rusak. Hal tersebut disebabkan saat melepaskan pedal kopling transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling. Untuk itu, pemilik atau pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

  1. Injakan Setengah Kopling

Kebiasaan menginjak setengah kopling saat macet atau saat berada di tanjakan, juga menyebabkan kopling berbau menyengat. Ketika kopling diinjak setengah, maka akan mempercepat kerusakan pada kopling. Jadi, coba hilangkan atau minimal kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan menginjak setengah kopling, supaya mobil tidak mudah rusak.

  1. Terlalu Sering Menginjak Kopling

Menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan juga dapat mempercepat kerusakan kopling. Pasalnya, kebiasaan tersebut menyebabkan bantalan rilis dan pelat kopling lebih mudah aus. Pengendara atau pemilik mobil harus lebih memastikan untuk tidak selalu menginjak kopling pada saat berkendara. Terutama pada saat di tanjakan dan kemacetan.

  1. Menggantung Pedal Kopling

Ketika jalan menanjak dan macet, biasanya pengendara sering menggantung pedal kopling. Hal ini akan menyebab gesekan pada kanvas kopling, serta mengakibatkan kopling cepat aus. Jadi, pengemudi harus memperhatikan untuk tidak selalu menggantung pedal kopling agar mobil tidak mudah rusak.

  1. Posisi Gigi Transmisi Tidak Sesuai dengan Percepatan Mobil

Kebiasaan menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan percepatan mobil juga dapat mempercepat masalah kerusakan kopling. Misalnya, posisi transmisi berada di gigi satu, akan tetapi kecepatan mobil berada di 30 km/jam. Untuk itu, pengemudi juga harus lebih menyesuaikan posisi gigi transmisi dengan kecepatan mobil.

Nah Trada Family, itulah kebiasaan buruk berkendara yang bisa membuat kopling bermasalah. Agar umur kopling mobil Trada Family panjang, mulai sekarang ubah gaya berkendara yang salah ya. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat agar lebih memperhatikan kondisi mobil kesayanganmu.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read