Halo Trada Whatsapp Booking Servis

Tips Merawat Interior Mobil Sendiri di Akhir Pekan

Tips Merawat Interior

Tips Merawat Interior Mobil Sendiri di Akhir Pekan

Bagian interior mobil merupakan salah satu hal terpenting yang wajib diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Bagi Trada Family yang sudah berkeluarga apalagi masih memiliki balita, tentunya bagian interior mobil wajib sekali untuk dibersihkan agar selalu higienis. Seperti halnya salah satu bagian terpenting di bagian interior mobil yaitu bagian dashboard yang sering digunakan untuk meletakkan berbagai kebutuhan kita.

Untuk merawat interior mobil tidak diperlukan keahlian khusus, hanya dibutuhkan kemauan dan ketekunan dari pemilik mobil itu sendiri. Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada bagian interior mobil yaitu dashboard tidak perlu menunggu hingga kotor.

Trada Family bisa membersihkannya di hari libur atau di akhir pekan. Dengan cara tersebut debu tidak akan cepat menumpuk dan juga bekas sisa-sisa makanan yang rontok tidak mengundang semut pada bagian interior mobil.

Jika noda atau kotoran di bagian interior mobil sudah terlanjur sulit untuk dibersihkan, maka dibutuhkan energi ekstra untuk melakukan proses pembersihan. Jika terlalu keras dalam membersihkan justru akan merusak bagian interior itu sendiri. Oleh sebab itu, simak tips berikut agar interior mobil Trada Family tetap bersih mengkilap.

 

  1. Sediakan selalu pengharum mobil

Aroma kabin yang wangi tentu akan menyenangkan semua orang. Karena itu sediakanlah pengharum kabin untuk ditempatkan di berbagai sudut kabin. Aroma ini bahkan konon bisa membuat mood seseorang menjadi baik. Hal ini tentunya baik bagi para pengguna kendaraan di jalan.

Pilih aroma wewangian yang cukup bisa diterima semua orang, agar tidak menimbulkan rasa pusing atau eneg bagi yang tidak cocok. Jika mobil lebih banyak digunakan keluarga, tanyakan kira-kira mana jenis wewangian yang cocok. Sementara kalau ada juga orang lain yang ikut di dalam kendaraan, sebaiknya pilih yang netral dan tidak terlalu mencolok.

 

  1. Bersihkan jok

Harus diakui, perawatan tempat duduk atau jok memang tidak sederhana. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri. Sempatkan waktu untuk selalu memastikan kondisi jok ada dalam keadaan bersih. Karena jok salah satu indikasi perawatan kendaraan.

Paling mudah adalah membersihkan jok dengan lap kering, sikat gigi, penyedot debu khusus serta cairan pembersih jok mobil. Bersihkan jok secara berkala, agar bersih dan terawat selalu. Lebih baik lagi jika tersedia penyedot debu. Terutama untuk jok-jok yang berbahan kain atau mempunyai celah pada permukaannya.

 

  1. Membersihkan dashboard

Dashboard adalah bagian di dalam kabin mobil yang paling terlihat dari luar. Sangat penting untuk membuatnya tetap bersih dan rapi, karena seakan-akan menjadi cerminan bagi kepribadian pemilik kendaraan. Ancaman kebersihan yang paling utama adalah debu. Gunakan saja bulu ayam atau kuas untuk membersihkannya. Hanya saja, memang kita harus benar-benar telaten saat melakukannya. Bagian dan lekuk-lekuknya harus dipastikan bersih dan tidak ada debu yang tertinggal. Termasuk lubang tempat saluran keluarnya udara AC.

Setelah selesai dibersihkan, maka kita boleh mengoleskan cairan pembersih yang dibuat khusus untuk dashboard. Tujuan pelapisan ini agar dashboard aman dari terpaan sinar matahari. Materialnya tidak mudah mengering atau mengelupas.

 

  1. Bersihkan langit-langit

Bagian langit-langit dari kabin cenderung menyimpan debu. Terutama bila dalam pemakaian sehari-hari, jendela kendaraan sering dibuka. Untuk langit-langit sebaiknya gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun cuci khusus. Tapi ingat, lap jangan terlalu basah, agar langit-langit tidak menjadi lembab dan juga menimbulkan bau tidak sedap. Baru kemudian menyelesaikan pekerjaan dengan lap kering untuk menyerap sisa-sisa air dan kotoran.

 

  1. Gunakan karpet mobil

Sebagai alas dari kabin mobil, gunakan selalu alas berupa karpet. Memang dari pabrik, kita diberi alas berupa bahan kain atau material plastik. Namun jika ingin bersih, maka bisa ditambahkan pembungkus karpet dasar yang tahan air dan mudah dibersihkan. Sebagai alas kaki, kita bisa gunakan karpet tambahan lagi yang berbahan karet sintetis.

Tujuan pemakaiannya agar kotoran-kotoran yang terbawa masuk ke dalam kabin mobil seperti pasir, tanah, atau noda-noda tertentu, dengan mudah tertangkap dan gampang dibersihkan. Sebaiknya pilih bahan alas kaki yang kualitasnya cukup baik, karena pemakaiannya harus sesuai dengan kondisi interior di kabin mobil. Selain itu, bahan yang baik akan cenderung awet.

Nah tips diatas cocok banget nih Trada Family lakukan di weekend ini, daripada hanya bengong dirumah mending lakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kamu. Agar saat dibawa beraktivitas mobil makin nyaman dan terhindar dari virus.

img-berita-carousel Mitos atau Fakta, Ban Mobil Kempes Karena Mobil Jarang Digunakan Read
img-berita-carousel 2 Jenis Air Aki Mobil yang Perlu Dipahami Read
img-berita-carousel 5 Gejala Rem Mobil Perlu Pemeriksaan Read
img-berita-carousel Tips Aman Berkendara di Musim Hujan Read
img-berita-carousel Kenali Penyebab Kaca Mobil Tiba-Tiba Tidak Berfungsi Read
img-berita-carousel Periksa 5 Komponen Berikut Saat Klakson Mobil Mati Read
img-berita-carousel Perlukah Mematikan AC Mobil Sebelum Start Mesin? Read
img-berita-carousel Jangan Biarkan Tangki Bensin Kosong Read
img-berita-carousel Tips Jitu Menghadapi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara Read
img-berita-carousel Rawat Karet Pintu Mobil Agar Lebih Awet Read