Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Dampak Yang Timbul Karena Sering Telat Turunkan Rem Tangan

Dampak Yang Timbul

Dampak Yang Timbul Karena Sering Telat Turunkan Rem Tangan

Rem tangan (hand brake) atau rem parkir merupakan salah satu sistem keamanan mobil dengan prinsip sederhana, namun perannya sangat penting untuk menjaga mobil tetap di posisinya saat berhenti.

Seiring dengan penggunaanya, kadang pengendara lupa untuk menurunkan rem tangan saat akan berkendara. Hal ini sering tidak terasa oleh pengendara karena rem tangan memang tidak semaksimal rem kaki untuk memberhentikan kendaraan.

Walaupun begitu, bukan berarti rem tangan yang lupa diturunkan tersebut tidak beresiko bagi kendaraan, khususnya kampas rem. Dampak yang kemungkinan besar akan terjadi pada kampas rem adalah sebagai berikut.

Kampas rem copot

Saat rem tangan masih dalam posisi aktif dan roda dipaksa berputar, tenaga yang dikeluarkan mesin pasti akan tertahan. Tenaga yang tertahan tersebut pasti akan terus menekan kampas rem yang masih menempel. Hal itu dapat menyebabkan kampas rem terlepas dari penyangganya. Apalagi jika Trada Family menginjak pedal gas terlalu dalam, resiko kampas rem copot akan semakin besar. Kampas rem lepas ini biasanya terjadi pada rem belakang mobil berjenis tromol, karena memiliki bidang kontak yang lebih panjang dibandingkan dengan rem cakram.

Menempel di tromol

Lalu, kampas rem juga berpeluang menempel dengan tromol jika mobil dipaksa melaju saat rem tangan dalam posisi aktif. Resiko akan semakin besar apabila kondisi kampas rem masih dalam keadaan basah, termasuk saat rem tangan dipakai untuk parkir. Maka dari itu, untuk menghindari kampas rem menempel di tromol, ada baiknya untuk mengganjal ban terlebih dulu menggunakan batu atau balok kayu sampai kampas rem kering.

Kampas rem cepat aus

Penggunaan rem tangan yang terlalu lama akan membuat kampas rem cepat aus karena terkikis dan lama-kelamaan menjadi tipis. Bila sudah begini, mau tidak mau Trada Family harus membawa mobil ke bengkel resmi untuk penggantian kampas rem.

Kampas rem yang sudah aus dapat Trada Family ukur sendiri. Rata-rata, kampas rem mobil harus diganti jika ketebalannya sudah mencapai 2 milimeter. Namun, untuk menjaga keamanan berkendara, ada baiknya ganti kampas rem mobil setiap 10.000 kilometer, atau saat melakukan servis berkala.

Rem tangan juga bertugas sebagai rem darurat

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan merawat rem tangan mobil Trada Family agar dapat dipakai dengan maksimal.

Kegunaan rem tangan bukan hanya untuk menjaga mobil tetap pada posisinya saat sedang berhenti, tetapi juga berguna sebagai bantuan ketika terjadi rem blong. Caranya, Trada Family harus menarik tuasnya dengan hati-hati.

Imbangi kecepatan mobil dengan daya pengereman, jangan menarik rem tangan secara langsung. Lakukanlah secara perlahan. Menggunakan rem tangan secara langsung bisa membuat mobil Trada Family kehilangan kendali dan dapat berpotensi terbalik.

Tarik dan turunkan tuas rem tangan berkali-kali dengan mengimbangi kecepatan mobil sambil mengarahkan mobil Trada Family ke pinggir jalan. Jangan lupa, tetap tekan tombol rem tangan jangan sampai terlepas.

Jadi, intinya adalah selalu perhatikan komponen-komponen yang ada di mobil Trada Family, termasuk rem tangan. Lalu, rawat mobil Trada Family tepat waktu agar kondisinya tetap prima dan siap mengantarkan Trada Family ke tempat tujuan.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read