Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Pahami Cara Pasang Roof Rack yang Benar dan Ketahui Fungsinya

Ada berbagai macam fungsi roof rack bagi kendaraan, namun agar dapat merasakan fungsinya secara optimal, pastikan memahami cara pemasangannya di bawah ini.

Pahami Cara Pasang Roof Rack yang Benar dan Ketahui Fungsinya

Roof rack menjadi salah satu aksesoris tambahan yang dapat menambah kapasitas bagasi mobil ketika bagasi tersebut kurang besar untuk menampung seluruh barang bawaan. Meskipun demikian, penggunaan aksesoris ini juga harus dijaga berat dan volumenya agar mobil bisa tetap stabil.

Ada dua bahan yang dapat dijadikan sebagai pilihan ketika ingin membeli aksesoris ini, yakni baja serta aluminium. Pemilihan bahan ini berhubungan dengan kekuatan dan kualitasnya sebagai penahan beban yang dibawa.

Bila hanya membawa beban yang tidak begitu berat seperti benda dari bahan plastik atau Styrofoam, Anda dapat menggunakan rak dengan bahan aluminium. Tetapi, jika bahan yang dibawa lebih banyak, lebih baik pilih bahan baja sehingga tidak mudah patah.

Berbagai Macam Fungsi Roof Rack

Mungkin Anda sering melihat aksesoris ini di atas mobil yang melintas dan tiba-tiba ingin memasangnya. Sebenarnya, apa saja fungsi yang dimilikinya? Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

  • Bagasi Ekstra

Fungsi utama yang dimiliki aksesoris ini tentu saja untuk bagasi ekstra. Mobil yang penuh barang, tentu saja terasa tidak nyaman. Bahkan mungkin Anda pernah merasakan berbagi tempat duduk dengan travel bag, koper dan barang lain.

Lebih-lebih jika Anda membawa serta keluarga besar. Jumlah penumpang yang banyak ditambah dengan barang bawaan yang banyak, pasti akan membuat mobil menjadi kurang nyaman.

Fungsi roof rack yang paling utama adalah untuk menampung kelebihan barang ketika Anda bepergian jauh, sehingga seluruh penumpang bisa duduk nyaman dengan space yang besar.

  • Menambah Penampilan

Meskipun bukan fungsi utama, namun tetap saja perangkat ini memiliki andil untuk membuat mobil terlihat lebih gagah dibandingkan dengan mobil yang lainnya.

Ketika menggunakannya, tampilan mobil akan terlihat sangat gagah dan menarik. Bahkan dengan memasangnya, harga mobil bisa menjadi semakin mahal.

Tips Memasang Roof Rack yang Benar

Ketika ingin menggunakan aksesoris ini, hal utama yang harus diketahui adalah cara melakukan pemasangan. Namun, sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui cara pemasangan aksesoris ini di atas mobil, sehingga atap menjadi lekas rusak.

Untuk menghindari masalah tersebut, berikut cara melakukan pemasangan dengan tepat, antara lain:

  1. Ketahui Beban Maksimalnya

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum pemasangan adalah mengetahui jumlah kapasitas maksimal yang bisa ditampung. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan mencari tahu kapasitas maksimal aksesoris ini.

Padahal, kapasitas yang cukup besar akan mempengaruhi struktur atap mobil. Bahkan, jika beban terlalu berat dapat menyebabkan atap mobil menjadi penyok.

       2. Pilih Material yang Tepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aksesoris ini memiliki beberapa pilihan material yakni besi, aluminium hingga plastik ABS. untuk plastik ABS dapat menampung beban 10 hingga 15 kilogram.

Selain itu ketika melakukan pemasangan, pastikan sudah melapisinya dengan pelindung sinar UV sehingga meskipun terkena panas secara terus menerus, tempat roof box ini akan tetap awet.

       3. Pastikan Terdapat Roof Rail

Di atas mobil, pastikan sudah tersedia roof rail di sana. Beberapa mobil memang sudah dilengkapi dengan roof rail, namun jika mobil Anda belum dilengkapi dengan roof rail, pastikan memasangnya dengan baik agar tidak membuat air masuk ke dalam.

Adanya roof rack di bagian atap mobil memang sangat membantu, namun pastikan untuk melakukan pemilihan dan pemasangan dengan benar, sehingga nantinya fungsinya bisa dirasakan secara optimal.

Itulah informasi lengkap tentang fungsi roof rack mobil dan cara memasangnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Trada Family dan jangan lupa untuk selalu melakukan service mobil berkala bersama dealer Suzuki Trada. Kunjungi Dealer Suzuki Trada sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Suzuki terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Suzuki Trada . Anda bisa jadwalkan kunjungan dengan mengunjungi link website nya di sini https://suzukitrada.id/booking-service

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read