Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Ketahui Bahaya Water Hammer & Cara Mencegahnya

Water Hammer

Ketahui Bahaya Water Hammer & Cara Mencegahnya

Untuk orang yang masih awam dengan otomotir, tentunya tidak mengetahui tentang Water hammer. Water hammer merupakan sebuah peristiwa yang disebabkan oleh air yang terhisap ke dalam engine mobil, yang umumnya terjadi saat mobil menerjang banjir atau saat hujan.

Saat ruang bakar kemasukan air maka tidak bisa dikompresi bersama bahan bakar dan akhirnya menyebabkan kepala silinder dapur pacu dan piston bengkok, blok mesin retak, dan pada akhirnya mesin tidak bisa menyala.

Tak selalu soal banjir dan hujan, intinya water hammer terjadi dari bercampurnya bensin dengan air atau akibat proses cuci mobil yang salah bisa juga menyebabkan water hammer. Selain itu water hamer juga bisa terjadi karena pembentukan yang cacat dari pabrik, sehingga menyebabkan oli masuk ke ruang bakar. Namun kerusakan seperti ini jarang terjadi. Lalu, bagaimana cara mencegah water hammer?

  1. Hindari Melewati Jalanan yang Ada Genangan Air

Ketika kalian berkendara, cobalah untuk tidak melewati jalan yang terdapat genangan air yang cukup tinggi. Hal ini untuk mencegah masuknya air ke dalam komponen-komponen mesin yang kemudian akan menyebabkan water hammer. Jika memang terpaksa harus melewati jalur yang sedang banjir, maka usahakan untuk memilih jalur yang cukup dangkal dan jangan melaju terlalu kencang untuk mencegah masuknya air ke dalam engine.

      2. Hindari Jalanan yang Banjir dan Berarus Deras

Setelah hujan yang sangat deras atau turun dalam jangka waktu yang cukup lama, seringkali yang terjadi adalah muncul daerah-daerah yang tergenang air yang cukup dalam. Ketika banjir terjadi dan kalian terpaksa harus melewati jalur yang sedang banjir tersebut, usahakan untuk menghindari genangan air yang berarus. Apa yang dimaksud dengan air yang berarus? Contohnya air yang disebabkan oleh truk yang melintas di samping mobil. Air akan mengalir deras dan masuk ke dalam mobil kalian.

      3. Pertahankan Kecepatan Saat Melintasi Banjir

Saat kalian terjebak untuk melintasi jalur banjir, cobalah untuk menginjak gas mobil dengan stabil. Cara tersebut dilakukan agar air banjir tidak bisa masuk melalui knalpot kendaraan kalian, sehingga kendaraan tidak mati mendadak.

Dengan begitu, kalian akan terhindar dari kemungkinan terjadinya water hammer pada mesin kendaraan kalian.

Lalu, bagaimana jika kondisi water hammer sudah terlanjur terjadi dan merusak komponen mobil? Bila hal ini sudah terjadi, maka mau tidak mau kalian harus membawanya ke bengkel.

Biaya perbaikan sendiri bisa cukup mahal karena harus mengganti komponen mesin. Namun jangan khawaitr, kalian bisa langsung membawa mobil yang terkena water hammer di bengkel Trada terdekat. Jadwalkan kunjungan booking service Teman Trada di https://suzukitrada.id/booking-service & dapatkan jadwal yang sesuai ya !

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read