Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Tips Berkendara agar Irit Bensin Selama Perjalanan Mudik

Tips Mudik

Tips Berkendara agar Irit Bensin Selama Perjalanan Mudik

Harga bahan bakar minyak alias BBM yang mengalami kenaikan beberapa waktu lalu, hal ini mempengaruhi terhadap pengeluaran para pengguna kendaraan. Namun, hal ini bisa diakali dengan menerapkan gaya mengemudi hemat bensin, bukan tak mungkin kita dapat melakukan penghematan meski harga BBM naik.

Selain kondisi mobil yang prima, ada beberapa cara agar mengemudi namun tetap irit bensin. Bagaimana cara mengemudi yang dimaksud? Berikut adalah beberapa cara agar Trada Family bisa berkendara dengan baik sekaligus irit bensin.

      1.Tidak Melakukan Akselerasi dengan Spontan

Pada mobil bertransmisi matic, poin satu ini kerap disebut dengan kick down. Selain dapat membuat bahan bakar terbuang percuma, akselerasi spontan juga dapat membuat boros ban.

Boros bahan bakar akibat akselerasi spontan atau mendadak bisa terjadi baik di mobil bertransmisi manual maupun matic sekalipun. Sebaiknya selalu perlahan dalam menekan pedal gas agar bahan bakat efisien dikonsumsi mesin.

      2.Kurangi Rem Mendadak

Secara tidak disadari, kebiasaan rem mendadak membuat konsumsi bensin menjadi berlebih.. Hal ini terjadi akibat kecepatan mobil berkurang secara drastis dan memerlukan energi besar untuk bergerak lagi. Jika hal ini berulang terus-menerus maka konsumsi BBM cenderung boros.

Baik pada mobil bertransmisi matic maupun manual, manuver rem mendadak perlu dihindari jika hendak mengejar efisiensi konsumsi bahan bakar. Apalagi ketika mudik, biasanya jalanan macet dan membuat kalian mengalami hal ini.

      3.Tidak Mengemudi Secara Agresif

Sudah pasti gaya mengemudi agresif membuat pembuangan bahan bakar tidak efisien. Tak hanya itu, mengemudi agresif juga menjadikan peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas lebih tinggi.

Maka dari itu, alangkah baiknya mengemudi dengan normal saja. Biasanya perilaku ini muncul karena kalian mengejar waktu. Tetap bersabar dalam berkendara. Ingat bahwasanya ada keluarga yang menunggu di tujuan kalian.

      4.Cek Filter Udara yang Kotor

Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan akan membuat mobil kalian boros bahan bakar. Hal ini terjadi karena filter yang sudah tersumbat debu ataupun kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih.

Meskipun begitu, sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000 – 3.000 KM atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

      5.Jangan Bawa Muatan Berlebih

Sebaiknya bawa barang yang dibutuhkan saja. Pasalnya, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar pula beban mobil yang tetntunya ini akan membuat bensin lebih boros. Membawa beban berlebih dalam mobil pun bisa berbahaya bagi keselamatan. Sebelum berangkat, pastikan barang yang dibawa benar-benar dibutuhkan.

Itu dia beberapa cara agar bensin lebih hemat dalam berkendara. Tips ini bisa diterapkan ketika kalian mudik. Namun, tetap periksakan mobil kalian sebelum mudik ya Trada Family. Kalian bisa mengunjungi SBT untuk melakukan servis rutin. Kami tunggu kehadirannya!

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read