Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Kenali Fungsi Tilt steering Pada Mobil

Fungsi Tilt steering

Kenali Fungsi Tilt steering Pada Mobil

Pernah dengar fitur tilt steering pada mobil Anda? Atau belum pernah dengar sama sekali? Tilt steering merupakan salah satu dari 4 jenis steering wheel (roda kemudi) yang ada pada sebuah mobil. Komponen ini sangat penting karena fungsinya yang menentukan jalanannya sebuah kendaraan.

Dari penjelasan diatas pasti Anda bisa menyimpulkan jika tilt steering memiliki fungsi yang sangat signifikan untuk kenyamanan berkendara di mobil Anda. Namun apa fungsi tilt steering hanya sebatas itu? Yuk kita bahas lengkap mengenai tilt steering!

Mengenal Tilt Steering dan Fungsinya Pada Mobil

Tilt steering sendiri adalah teknologi terbaru pada mobil untuk mengatur posisi turun atau naik pada setir mobil Anda. Posisi ini yang menentukan kondisi kenyamanan pengemudi dalam mengendarai mobil.

Tilt steering juga berfungsi pada pengaruh tinggi pengendara. Jika pengendara memiliki bentuk fisik yang tinggi, tilt steering bisa diposisikan lebih naik, sebaliknya jika bentuk fisik pengendara pendek tilt steering bisa diposisikan lebih rendah.

Lalu apa benar tilt steering memang dikondisikan untuk hanya untuk naik turun posisi mobil saja? Sebenarnya fungsi utama tilt steering memang untuk menurunkan posisi setir saja namun di sisi lain tilt steering juga berfungsi untuk menentukan posisi nyaman pengemudi saat berkendara.

Kenyamanan berkendara ini sangat penting karena menentukan perjalanan Anda selama berkendara, jika posisi pengemudi nyaman, perjalanan Anda selama berkendara pasti aman. Sebaliknya jika posisi tidak nyaman pasti perjalanan berkendara Anda akan terganggu.

Dengan demikian Anda dapat menyimpulkan jika tilt steering memang difokuskan untuk kenyamanan pengemudi untuk berkendara dengan memposisikan posisi naik atau turunnya setir mobil.

Cara Untuk Menggunakan Tilt Steering

Setelah mengenali fungsi tilt steering Anda juga perlu mengetahui letak dan cara menggunakan komponen satu ini. Untuk letaknya sendiri tilt steering berada di belakang setir dan biasanya bentuk tilt steering berupa tuas.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, pertama-tama Anda harus posisikan posisi Anda senyaman mungkin, lalu Anda hanya perlu membuka tuas pengnuci di bagian bawah setir.

Ketika tuas terbuka Anda bisa langsung atur posisi setir sesuai dengan postur tinggi badan dan posisi ternyaman untuk bentuk tubuh Anda.

Untuk posisi setir ini sendiri, terdapat posisi ideal atau posisi yang pas untuk berkendara. Anda perlu memposisikan diri Anda tidak jauh atau tidak terlalu dekat dengan setir. Idealnya jarak yang pas antara setir dan dada Anda adalah  sekitar 25 hingga 30 cm dari lingkar setir bagian tengah.

Letak berkendara yang nyaman ini memang sangat berpengaruh pada keselamatan Anda saat mengemudi. Implementasinya adalah ketika terjadi kecelakaan pasti airbag akan mengembang dan akan mengenai posisi kepala dan dada Anda, jika saat mengembang posisi dada dan setir tidak sesuai, ada kemungkinan Anda bisa gagal terkena airbag.

Disamping posisi dada dan setir yang harus seimbang, Anda juga perlu memperhatikan posisi tangan Anda di kemudi setir, posisi tangan juga harus selalu pada arah jam 9 dan 3. Karena hal ini dapat memudahkan Anda meraih tuas lain saat Anda sedang mengemudi.

Bagaimana sekarang sudah makin mengerti mengenai tilt steering? Pastikan agar Anda selalu berada dalam posisi yang nyaman saat menyetir agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Selain itu Anda juga harus selalu periksakan kondisi mobil Anda, pemeriksaan ini juga diperlukan agar Anda terhindar dari kecelakaan. 

Anda bisa memeriksakan kondisi kendaraan Anda di bengkel resmi Suzuki Trada atau Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk konfirmasi jadwal booking.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read