Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Penyebab Transmisi Manual Macet dan Cara Pencegahannya

Penyebab Transmisi Manual Macet

Penyebab Transmisi Manual Macet dan Cara Pencegahannya

Pernah mengalami kondisi saat persneling susah digerakkan? Transisi manual memang mengharuskan kita lebih sering untuk memindahkan posisi gigi ke posisi yang lebih tinggi atau lebih rendah. Karena lebih sering digerakkan maka tidak jarang jika tuas persnelling di transisi manual mengalami macet atau goyang.

Jika sudah dalam kondisi seperti ini, tuas pastinya akan lebih susah dalam melakukan perpindahan gigi dan akan menyebabkan tuas susah masuk, macet, terkunci, dan bergetar.  Hal seperti ini pastinya akan mengurangi kenyamanan Anda dalam mengemudi, selain itu hal yang lebih parah seperti kecelakaan mungkin bisa terjadi.

Lalu bagaimana untuk mengatasi tuas persneling yang macet seperti ini? Apakah  kita harus langsung pergi ke bengkel? Yuk, cari tahu penyebang transimisi manual macet dan cara penanganannya!

Penyebab tuas persneling manual macet

Banyak yang dapat menjadi alasan untuk tuas persneling yang macet, faktor umum yang menjadikan tuas ini macet adalah faktor umur kendaraan dan jarangnya perawatan untuk mobil. Namun ada beberapa hal lain yang dapat mengakibatkan macetnya tuas persneling. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan tuas persneling macet :

  1. Kabel tuas persneling macet.

Penyebab yang paling sering ditemukan adalah kabel tuas yang macet. Jika sudah mengalami hal seperti ini pastikan komponen ini menjadi bagian yang pertama Anda periksa. Akibat dari kabel macet bisa menyebabkan tuas terasa lebih berat dan susah saat dipindahkan. Jika ini masalahnya, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk perbaikan karena sulit untuk dilakukan sendiri.

  1. Bushing Tuas Rusak

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat transmisi macet adalah bushing yang rusak. Komponen bushing tuas persneling mobil terbuat dari bahan yang elastis seperti karet. Dalam jangka waktu yang lama, komponen ini dapat bergetas sehingga dapat terjadi kerusakan. Keadaan ini membuat bushing tuas tidak bisa bekerja maksimal sehingga tuas akan susah untuk memindahkan gigi. 

  1. Kabel Kopling Mulai Keras

Terdapat dua jenis model kopling yang digunakan pada mobil manual, jenis pertama yaitu kopling kabel dan yang kedua adalah kopling hidrolik. Pada jenis kopling kabel, jika usianya sudah tua akan ada kemungkinan kondisi komponen ini kotor dan berkarat sehingga membuat jarak geser kopling menjadi lebih pendek dan sulit untuk memindahkan gigi.

Untuk kopling model hidrolik , Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu pada komponen master kopling. Bagian ini mengatur tekanan pada kopling, jadi apabila ada kebocoran pada master kopling, hal inilah yang biasanya menyebabkan gigi susah dipindahkan.

  1. Kampas Kopling Tipis atau Habis

Seperti yang kita ketahui, fungsi kopling adalah untuk memutus dan menyambung tenaga dari mesin ke transmisi. Nah, ketika kampas kopling sudah mulai habis, proses untuk menghentikan putaran gigi transmisi tidak lagi efektif dan membuat susah untuk dipindahkan. 

Ternyata banyak penyebab yang dapat menyebabkan tuas persneling pada transisi manual macet, jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mempercayakan perbaikan tuas persneling di bengkel resmi Suzuki Trada terdekat atau Anda bisa kunjungi website resmi Suzuki Trada untuk booking jadwal service.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read