Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Cari Tahu Fungsi dan Jenis Air Pendingin Radiator

Fungsi dan Jenis Air Pendingin Radiator

Cari Tahu Fungsi dan Jenis Air Pendingin Radiator

Radiator merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil, komponen ini berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin mobil dan sebagai sistem pendingin, agar suhu didalam mobil tetap terjaga dan tidak menimbulkan overheat.

Untuk mendukung fungsi radiator agar tetap optimal, komponen ini membutuhkan air sebagai pelengkap dan pelancar fungsi dari radiator itu sendiri. Air radiator ini memiliki berbagai jenis dan tipenya. Untuk lebih jelasnya apa itu air radiator, apa saja jenisnya dan perbedaannya dengan air biasa.

Mari simak penjelasan lengkapnya:

  1. Air Biasa

Saat mesin dinyalakan, terjadi proses pembakaran di seluruh komponen mobil dan seiring penggunaan mesin, suhu akan terus naik dan mengakibatkan mesin panas, untuk menstabilkan suhu panas ini, radiator mempunyai peran penting sebagai penstabil suhu mesin. Disini salah satu komponen yang bisa dipakai sebagai air radiator adalah air.

Air merupakan salah satu cairan yang dapat digunakan sebagai bahan pendingin radiator. Jenis air yang biasa digunakan sebagai pendingin radiator adalah air suling atau air mineral. Walaupun air merupakan bahan pendingin yang mudah ditemukan, tetapi peran air untuk menstabilkan suhu mesin bisa dibilang kurang maksimal. Hal ini dikarenakan air memiliki titik didih yang rendah. Hal ini pastinya akan mengakibatkan beberapa komponen di radiator bisa bocor dan berkarat.

  1. Radiator CoolantBiasa

Radiator coolant juga merupakan komponen yang dapat digunakan untuk menstabilkan suhu mesin. Radiator coolant merupakan cairan yang cairan pendingin radiator yang biasanya terbuat dari campuran berbagai bahan antara lain seperti air murni, pencegah karat dan juga zat anti beku propylene glycol.

Radiator coolant ini dinilai lebih ampuh dibandingkan air karena cairan ini memiliki berbagai zat seperti anti karat dan anti beku.

  1. Radiator Super Coolant

Jenis dari air radiator selanjutnya adalah radiator super coolant, jenis ini merupakan jenis yang lebih ampuh dibandingkan dua jenis air radiator sebelumnya. Radiator super coolant memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingan radiator coolant biasa, sehingga jenis air ini dinilai lebih ampuh untuk menstabilkan suhu mesin. Untuk penggunaannya sendiri, jenis air ini harus dicampur dengan air biasa dengan perbandingan 50:50.

  1. Antifreeze & Coolant Protector

Jika radiator super coolant merupakan jenis air radiator yang paling ampuh, antifreeze & coolant protector merupakan jenis yang paling mahal dibandingkan jenis air radiator lainnya. Untuk penggunaannya pun sama dengan jenis radiator super coolant, yaitu dengan mancampurkan dengan air biasa dengan perbandingan 50:50.

Jadi begitulah jenis-jenis air radiator untuk memperlancar fungsi radiator menstabilkan suhu mesin. Secara umum radiator coolant memang memiliki kualiatas yang lebih bagus dibandingkan jenis air biasa. Untuk merawat komponen radiator ini Anda juga diharuskan untuk mengecek kadar dan volume air didalam radiator, selain itu agar fungsi radiator berjalan dengan maksimal, pastikan Anda mengganti air radiator setelah pemakain antara 20.000 hingga 40.000 kilometer.

Untuk melakukan service rutin pengecekan radiator, Anda bisa percayakan mobil Suzuki kesayangan Anda di dealer Suzuki Trada atau Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk berbagai informasi terlengkap.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read