Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Cari Tahu Apa Saja Fungsi Grill Pada Mobil

Fungsi Grill

Cari Tahu Apa Saja Fungsi Grill Pada Mobil

Pasti Anda pernah melihat salah satu bagian ini pada eksterior mobil Anda. Grill mobil adalah salah satu bagian pada eksterior yang memiliki nilai fungsi estetika pada mobil Anda. Bagaimana tidak, grill mobil biasanya menunjukkan karakteristik dari suatu mobil.

Grill mobil memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, biasanya ukuran dan bentuk grill mobil disesuaikan dengan bagian kap mobil dan bentuknya pun disesuaikan dengan gaya atau desain yang diusung oleh pabrikan.

Semakin berkembangnya zaman, bentuk dan variasi grill mobil juga ikut mengalami perubahan. Banyak mobil-mobil pada saat ini mengusung desain diamond pada grill mobilnya atau tipe grill yang berbentuk kotak, memanjang vertikal, atau horizontal. Sementara pada tipe mobil klasik grill biasanya berbentuk kotak besar dan diletakkan persis di tengah depan.

Ternyata grill mobil memiliki fungsi lain selain fungsi estetika, yuk simak fungsi penting grill mobil berikut ini :

  1. Saluran udara untuk mesin mobil

Fungsi lain pada grill mobil, selain fungsi estetika adalah sebagai saluran keluar masuknya udara ke mesin mobil. Desain grill mobil sengaja dibuat berongga-rongga untuk memudahkan udara keluar-masuk. Masuknya udara ini diperlukan untuk menjaga temperature mesin agar tetap stabil.

Mesin memiliki suhu yang panas, selain diperlukan radiator untuk menstabilkan suhu, fungsi grill yang berongga juga berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Cara kerjanya pun cukup mudah, grill berfungsi seperti ventilasi udara, dengan mengatur keluar masuknya udara. Jadi salah satu fungsi penting grill mobil adalah sebagai pengatur temperatur suhu agar tetap stabil dan mencegah mesin mengalami overheat.

  1. Karakteristik mobil

Selain dari fungsi diatas, grill memiliki fungsi estetik lain yaitu sebagai tanda atau karakteristik dari mobil tersebut. Mobil yang memiliki desain premium seperti mobil sedan dan SUV, biasanya mengusung desain grill yang mewah dan futuristik, sementara mobil yang mengusung desain simpel seperti mobil-mobil city car biasanya mengusung desain grill yang lebih kecil dan lebih simpel.

  1. Aerodinamis dan Performa

Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan penambah estetika, grill pada mobil juga berfungsi untuk menigkatkan aerodimika,  Aerodinamika yang baik akan membuat performa mobil menjadi maksimal. Jika Anda perhatikan, desain grill mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke mesin. Tujuan dari dibuatnya grill seperti ini adalah agar udara yang menabrak area frontal depan mobil akan dialihkan secara mulus melalui sisi samping atau atas mobil

Jadi, begitulah fungsi lain dari grill mobil. Ternyata selain untuk memberi kesan indah pada mobil, grill mobil juga mempunyai banyak fungsi lainnya seperti sebagai saluran udara untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Jika grill mobil Anda rusak dan ingin menggantinya, pastikan agar selalu percayakan bengkel resmi Suzuki Trada untuk mengganti grill tersebut!

Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk berbagai informasi terlengkap.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read