Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Kenali Berbagi Jenis Velg Mobil Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Jenis Velg Mobil

Kenali Berbagi Jenis Velg Mobil Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Anda pasti sudah tidak asing dengan komponen satu ini, velg mobil merupakan salah satu komponen penting untuk menambah nilai estetika pada mobil. Selain itu velg juga berfungsi sebagai penopang dari ban mobil. Pemilihan velg yang salah dapat merusak nilai estetika dan juga kenyamanan berkendara Anda.

Saat ini sudah semakin banyak variasi desain dari velg mobil dengan berbagai ukuran dan jenis material yang berbeda. Perbandingan harga dari velg mobil ini tergantung dari cara pembuatan dan jenis bahan bakunya.

Untuk jenisnya sendiri velg mobil terbagi atas dasar dari cara pembuatannya, Trada Family, yuk bahas beberapa jenis velg dan teknik pembuatannya berikut ini!

  1. Velg casting

Velg casting memiliki teknik pembuatan dengan cara dicetak, untuk teknik pembuatannya dibagi menjadi 2 jenis yaitu dengan cara  gravity casting dan low pressure casting. Lebih lengkapnya lagi, velg ini dibuat dengan cara melelehkan materialnya menjadi cairan lalu cairan ini akan dimasukkan langsung ke cetakan velg yang sudah dibentuk sebelumnya.

Untuk kelebihannya sendiri, velg casting memiliki bahan baku produksi yang lebih murah dan juga waktu pembuatan yang lebih singkat, harganya pun bisa dibilang lebih murah dari jenis velg lainnya, namun velg jenis ini memiliki kekurangan di beratnya. Velg casting mamang memiliki massa yang lebih berat dari velg jenis lainnya.

  1. Velg Flow Forming

Velg jenis ini hampir memiliki teknik pembuatan yang sama dengan jenis velg casting. Velg ini juga harus dipanaskan materialnya lalu, dimasukkan ke cetakan untuk dicetak, bedanya setelah selesai dicetak, velg ini harus dipanaskan kembali untuk melelehkan sebagian material velg.

Kualitas velg flow forming dinilai jauh lebih baik dari jenis velg yang lain. Hal ini dikarenakan velg flow forming memilki massa yang lebih ringan, kuat dan lebih bulat yang bisa membuat balancing roda lebih sempurna. Oleh sebab itu velg jenis ini banyak diminati oleh sebagian rakyat Indonesia karena kualitas dan harganya yang jauh lebih murah.

  1. Velg Forged

Dibandingkan dengan dua jenis velg diatas, velg forged memiliki teknik pembuatan yang lebih rumit,  hal ini dikarenakan material velg ini berbahan dasar alumunium, sehingga velg ini ringan dan juga kuat.

Untuk cara pembuatannya, alumunium ini dimasukkan kedalam mesin lalu dipanaskan dan di press sehingga menghasilkan velg yang solid dan keras.

Karena proses pembuatan yang rumit dan jenis material yang berbeda, velg ini menjadi jenis dengan kualitas paling atas. Selain itu perbandingan beratnya bisa sampai 30 sampai 40 persen lebih ringan dan lebih kuat dari velg flow forming. Harganya juga jauh lebih mahal dari velg jenis lain.

Trada Family, berikut tadi merupakan jenis velg yang dibuat berdasarkan teknik pembuatannya, dari ketiga jenis velg ini, velg forged memiliki kualitas dan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Pastikan agar Anda selalu memilih velg yang benar-benar cocok dengan mobil Anda, jangan sampai salah pilih, sehingga membuat nilai estetika pada mobil Anda berkurang dan kenyamanan berkendara Anda terganggu.

Anda bisa percayakan dealer resmi Suzuki Trada untuk melakukan penggantian velg ini atau Anda bisa kunjungi https://suzukitrada.id/ untuk informasi selengkapnya.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read