Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Ini 6 Komponen Mobil yang Wajib Diservice Setelah Mudik

Komponen Mobil yang Wajib Diservice

Ini 6 Komponen Mobil yang Wajib Diservice Setelah Mudik

Buat Trada Family yang menempuh perjalanan jauh saat mudik di Hari Raya kemarin, pastikan Anda selalu memeriksa kondisi mobil agar selalu prima. Melakukan service setelah perjalanan mudik adalah hal wajib dilakukan, demi menjaga performa mobil tetap prima, serta keselamatan berkendara tetap terjaga. Mengabaikan perawatan mobil setelah perjalanan jauh dapat meningkatkan terjadinya resiko kerusakan yang lebih serius, serta biaya perbaikan yang lebih mahal.

Jangan sampai menunggu hingga mesin mobil kesayangan Anda menjadi cepat panas dan suara mesin mobil menjadi kasar. Jika hal itu terjadi, artinya fungsi dan kemampuan mobil sudah tidak berjalan normal, sehingga memerlukan perawatan agar performanya kembali ke kondisi semula.

Untuk mencegah hal tersebut, Trada Family dapat melakukan pengecekan dan perawatan terhadap beberapa komponen mobil di bawah ini ya! Apa saja komponen mobil yang wajib dicek setelah perjalanan mudik:

  1. Rem Mobil

Salah satu komponen penting dan krusial dalam perjalanan, karena rem berfungsi untuk menahan laju mobil. Kualitas rem akan menurun seiring waktu dan jarak tempuh, maka penting bagi Trada Family untuk melakukan pengecekan pada komponen ini. Apabila kanvas rem sudah berukuran tipis, sebaiknya segera ganti. Begitu pun dengan kondisi minyak rem yang melumasi komponen logam di bagian cakram dan kampas, sebaiknya ditambahkan apabila volumenya menyusut.

  1. Ban Mobil

Ban mobil adalah komponen penopang mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Segera periksakan kondisi fisik dan tekanan ban setelah perjalanan mudik. Kondisi jalan yang tidak rata, dapat memberikan lobang atau sobekan pada permukaan ban. Apabila terjadi kondisi tersebut pada ban mobil Anda, maka sebaiknya dilakukan penggantian.

  1. Kaki-kaki Mobil

Komponen kaki-kaki mobil juga merupakan komponen penting yang harus di cek dan memerlukan perawatan setelah perjalanan jauh. Kaki-kaki mobil mendukung performa mobil dalam hal pengendalian, penopang beban, daya cengkram terhadap medan jalan, dan kenyamanan dalam berkendara. Komponen kaki-kaki mobil yang harus diperiksa yaitu tie rod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker.

  1. Oli Mesin

Sebagai cairan yang melumasi mesin dalam mobil, volume oli penting untuk diperhatikan agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Pastikan volume oli tidak kurang dari batas bawah dipstick oil (tongkat pengukur oli) dan warnanya tidak keruh hitam pekat. Jika kondisi tersebut sudah terjadi, segera lakukan penggantian oli.

  1. Cairan Radiator

Sebagai cairan yang mengontrol suhu di dalam mesin mobil, penting untuk memeriksa ketinggian air dalam radiator setelah perjalanan mudik. Tambahkan air pada radiator jika volumenya kurang, karena biasanya air radiator akan berkurang setelah mesin bekerja keras.

  1. Filter Udara

Perjalanan jauh akan mengakibatkan potensi debu dan kotoran yang masuk ke mobil menjadi lebih banyak. Sebagai komponen yang berperan untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mesin, filter udara menjadi komponen yang harus diperiksa kondisinya setelah perjalanan jauh. Bersihkan komponen tersebut jika memungkinkan atau menggantinya dengan yang baru agar berfungsi maksimal.

Itulah beberapa komponen mobil yang harus Trada Family periksa dan rawat agar performa mobil tetap prima setelah melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman. Pastikan untuk memilih bengkel resmi Suzuki ya sebagai tempat service mobil Anda!

Mau service mobil setelah perjalanan mudik? Langsung saja booking service mobil Anda secara mudah dan cepat melalui website  www.suzukitrada.id atau dengan menghubungi kontak layanan servis di nomor berikut 021-22808000.

img-berita-carousel Tips Aman dan Efektif Derek Mobil Read
img-berita-carousel Kiat Anti-Mainstream Agar Mobil Nyaman Untuk Perjalanan Balik Lebaran 2024 Read
img-berita-carousel Jaga Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan, Suzuki Resmikan Product Quality Untuk Model Jimny 3- Read
img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read