Karir Whatsapp Booking Servis Suzuki Mobile

Mobil Menjadi Tidak Nyaman Setelah Perjalanan Jauh? Tune Up Solusinya!

Tune Up

Mobil Menjadi Tidak Nyaman Setelah Perjalanan Jauh? Tune Up Solusinya!

Sebagai kendaraan yang selalu jadi pilihan favorit saat bepergian jauh, pastikan Anda selalu merawat dan memerhatikan kondisi mobil kesayangan Anda. Beberapa fungsi komponen mobil akan menurun seiring waktu, terlebih saat setelah dibawa perjalanan jauh. Perjalanan jauh menyebabkan resiko masuknya debu/kotoran kedalam mesin menjadi meningkat, ditambah dengan medan jalan yang ekstrem membuat potensi kerusakan juga semakin tinggi. Agar hal tersebut tidak terjadi pada mobil Anda, maka sebaiknya segera lakukan tune up setelah perjalanan jauh untuk memeriksakan kondisi mobil dan mengembalikan performanya seperti semula.

Tune up sendiri dalam istilah otomotif artinya adalah upaya penyesuaian kembali terhadap mesin kendaraan agar dapat kembali ke performa semula. Dalam hal ini, tune up memiliki arti yakni melakukan pemeriksaan lalu pengambilan tindakan berupa penyetelan ulang, perbaikan, hingga penggantian terhadap komponen-komponen yang terindikasi bermasalah. Dengan demikian, proses tune up mobil merupakan hal wajib yang harus Anda secara berkala, termasuk setelah menempuh perjalanan jauh.

Beberapa gejala yang bisa Anda rasakan sebagai penanda bahwa mobil perlu tune up adalah saat mesin menjadi sulit dihidupkan, akselerasi mobil berat, konsumsi bahan bakar menjadi boros, hingga mesin terdengar kasar. Jika hal itu terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain segera melakukan tune up di bengkel terpercaya

Kira-kira apa saja perubahan dan manfaat yang didapat mobil setelah proses tune up? Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat yang akan mobil Anda dapatkan setelah melakukan proses tune up.

  1. Kelistrikan mobil akan kembali berjalan normal

Aki mobil menjadi salah satu komponen pertama yang sering diperiksa saat proses tune up. Komponen utama sumber kelistrikan bagi mobil harus sangat diperhatikan kualitasnya, aki yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan mobil sulit dinyalakan dan mogok. Sehingga dalam tune up, aki akan di charge dan diperiksa lebih lanjut.

  1. Konsumsi bensin menjadi lebih irit

Sebagai salah satu komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk kedalam mesin, filter udara menjadi salah satu komponen yang sering diperiksa kondisinya saat proses tune up. Mulai dari membersihkan, mengencangkan pemasangan hingga menggantinya jika diperlukan. Hal ini akan membuat sirkulasi udara yang masuk kedalam mesin menjadi normal dan mesin terhindar dari kotoran.

  1. Suara mesin jadi lebih halus

Pemakaian mobil seiring waktu akan membuat setelan klep berubah karena berbagai faktor. Hal ini berdampak pada performa mesin menjadi tidak normal bahkan dapat menimbulkan suara kasar. Oleh karena itu, penyetelan ulang klep dilakukan dalam proses tune up dan mengatur kerapatannya agar sesuai.

  1. Pengapian pada busi menjadi normal

Sama halnya seperti setelan klep, setelan celah busi pada mobil juga akan ikut berubah seiring waktu. Maka pembersihan pada celah busi selalu dilakukan dalam proses tune up agar kerak kotoran yang tidak mengganggu pengapian yang keluar pada busi.

  1. Tarikan gas menjadi lebih enteng

Bagi mobil yang sudah menggunakan teknologi injeksi, komponen throttle body akan masuk kedalam list pemeriksaan yang tidak boleh terlewat. Perjalanan jauh meningkatkan resiko kotoran mengendap pada komponen ini. Sehingga saat tune up, throttle body akan dibersihkan dan membuat tenaga mobil menjadi lebih baik. Sementara pada karburator akan dilakukan penyetelan ulang pada putaran mesin saat idle.

Itulah beberapa manfaat yang terjadi pada mobil Anda setelah melakukan tune up sehingga performa mobil Anda kembali prima seperti semula. Perlu Anda tahu juga bahwa tune up dan service ternyata berbeda, perbedaannya terletak pada cakupan pemeliharaan yang dilakukan, service umumnya melakukan pemeriksaan dan penggantian cairan dan komponen khusus dan dilakukan secara berkala sementara tune up melakukan pemeliharaan secara lebih luas serta mengarah pada komponen-komponen penting dalam mesin dan dilakukan umumnya setahun sekali atau dua kali.

Meskipun berbeda, layanan tune up dan service sebenarnya sama-sama bertujuan untuk mengembalikan performa dan kinerja mesin menjadi baik seperti semula. Oleh karena itu, Anda dapat memilih salah satu layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Anda tidak perlu ragu untuk membawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki Trada, selain dibekali oleh teknisi ahli dan pelayanan yang professional. Tersedia pula layanan lainnya yang akan menambah fungsi dan kualitas mobil Anda semakin maksimal. Mulai dari One Day Repair, Sistem Pengelasan Terbaru, Spray Booth Kualitas Terbaik, serta dibekali oleh High Quality Control.

Jadi tunggu apalagi? Segera booking service mobil Anda di dealer Suzuki Trada terdekat melalui website www.suzukitrada.id dan jangan lewatkan Promo Spesial berupa diskon jasa sebesar 20% dan Penawaran Spesial untuk setiap pembelian 4 liter oli hanya bayar 3 liter saja. Promo ini terbatas hanya sampai akhir bulan Mei 2023 saja lho.

img-berita-carousel Komitmen Menjadi Dealer Terpercaya, Suzuki Trada Meraih Penghargaan Platinum Dealer Quality Acceler Read
img-berita-carousel Mengenal Fitur Kenyamanan Berkendara saat Musim Hujan dengan Grand Vitara Read
img-berita-carousel Suzuki New Carry Dipercaya Sebagai Rajanya Pick UP di Sepanjang 2023 Read
img-berita-carousel Untuk Masa Depan Berkelanjutan, Suzuki Fokus Pada Kendaraan Ramah Lingkungan Read
img-berita-carousel Suzuki ‘Borong’ 6 Penghargaan Sekaligus di IIMS 2024 Read
img-berita-carousel Tetap Tenang di Jalanan Gelap, Ini Tips Mengemudi Malam Hari dengan Aman Read
img-berita-carousel Tingkatkan Kesenangan Berkendara, Ini Tips Modifikasi Mobil untuk Kenyamanan di Setiap Perjalanan! Read
img-berita-carousel Rekomendasi Mobil Suzuki Untuk Temani Aktivitas Wanita Indonesia Read
img-berita-carousel Service dengan Biaya Ringan, Suzuki Hadirkan Festival Service Jabodetabek Selama Januari 2024 Read
img-berita-carousel Nikmati Fitur Wireless Charger pada Suzuki Grand Vitara Read